Saturday, December 30, 2017

Budidaya ikan lele

Sekarang kita tahu bahwa makin hari makin banyak rumah makan khususnya lesehan yang menyediakan berbagai macam olahan ikan lele,dari supermarket,pasar tradisional dan warung makan pecel lele.
budidaya ikan lele

Masyarakat indonesia sekarang ini sangat gemar sekali mengkonsumsi ikan lele dikarenakan gizinya yang baik bagi kesehatan dan juga harganya yang tidak terlalu mahal,serta mudahnya orang dalam mencari ikan lele ini.

Menjamurnya warung pecel lele tentu saja menjadikan permintaan lele dipasararan semakin besar yang tentu menciptakan peluang usaha baru yaitu budidaya ikan lele.

Panduan pemula dalam Budidaya ikan lele


Bagi anda yang ingin memulai terjun di bisnis budidaya ikan lele,alangkah lebih baiknya mengetahui dulu seluk beluk mengenai bisnis ini,karena setiap bisnis tentu mengandung resiko,dengan makin banyaknya referensi dan ilmu serta pengalaman semua itu bisa di minimalisir.

1.Pemilihan jenis bibit ikan lele

ada 2 yang cukup populer di masyarakat dan para pembudidaya ikan lele,yaitu lele sangkuriang dan lele Dumbo,lele ini sangat mudah hidupnya dan juga pertumbuhannya tergolong cepat,sehingga mayoritas para pembudidaya biasa menjual lele ini hanya dalam umur 40 sampai 50 hari.untuk lele sangkuriang tentu saja memiliki kelebihan tersendiri.

keunggulan lele sangkuriang di bandingkan lele jenis lain
  • Tahan terhadap penyakit
  • pertumbuhan cepat
  • daging lele lebih empuk
  • kemudahan dalam hal pembesaran
Tak perlu memiliki lahan luas untuk budidaya ikan lele,anda bisa menggunakan kolam terpal ataupun tembok,untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak video dibawah ini

Ikan lele adalah salah satu ikan yang sangat mudah untuk dipelihara dan tak perlu peraawatan khusus,meski begitu jangan terlalu menyepelekan hingga anda asal asalan saja dalam memelihara ikan lele.

Suhu Air kolam
Dalam budidaya ikan lele suhu air sangat berpengaruh,secara baiknya bersuhu 26 -32 derajat celcius,suhu air yang hangat akan membuat pencernaan ikan lele berjalan cepat sehingga akan meningkatkan proses penggemukan dan pembesaran.

PH air 
perhatikan juga ph air dalam kolam pembesaran anda,jika ph air kurang naikkan phnya sampai menunjukkan indikator 6-7 phnya.


2.Pembuatan kolam pembesaran


Dalam membangun kolam pembesaran ikan lele tidaklah serumit pembuatan kolam pembenihan,kolam inipun tidak terlalu besar hanya dengan 5x2 meter sudah mampu mencakup kurang lebih 1000 ekor lele.untuk memelihara lebih dari 1000 ekor tinggal perkalikan saja ukuran dengan jumlah lele diatas.

Baca juga: panduan budidaya tanaman hias

banyak berbagai jenis kolam yang bisa digunakan dalam pembuatan kolam ikan lele,karena itu tadi ikan lele sangat mudah untuk dipelihara maupun dibudidayakan.

 a.Kolam Terpal
biaya pembuatan kolam terpal ini bisa anda coba,dari segi biaya yang mahal adalah pembelian terpal,harga terpal /meter kurang lebih Rp.8.500,00 tingal melakukan perkalian saja,dengan berapa keinginan kolam yang ingin anda buat.

b.Kolam Tembok
Untuk membangun kolam tembok tinggal membeli semen untuk proses pembuatannya dan ini juga mahal dalam segi pembelian bahan baku,namun ini bisa sangat baik karena kolam bisa lebih bersih dan tahan akan bakteri.

c.Kolam tanah
ini pembuatan kolam yang sangat irit,karena anda tinggal menggali tanah berapa meter yang anda inginkan,

Semoga artikel diatas dapan menjadi referensi anda mencari informasi tenttang budidaya ikan lele.
Load disqus comments

0 komentar